Analisis Pengaruh Media Sosial, Tenaga Kerja, Dan Jam Kerja Terhadap Pendapatan Usaha Kuliner Di Wilayah Jember Kota Kabupaten Jember
Keywords:
Media sosial, tenaga kerja, jam kerja, pendapatan usahaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media sosial, tenaga kerja dan jam kerja terhadap pendapatan usaha kuliner di wilayah Jember Kota Kabupaten Jember. Data yang digunakan dalam penelitian ini berupa data primer dengan sampel 40 responden. Metode pengolahan data menggunakan metode analisis regresi linier berganda dengan bantuan alat analisis SPSS 21. Hasil analisis menunjukkan bahwa Media sosial, tenaga kerja dan jam kerja berpengaruh terhadap pendapatan usaha kuliner di wilayah Jember Kota Kabupaten Jember Baik simultan maupun parsial.
References
Ahmad Kafrawi, Muh. Rezha Mulya Sugiri, Juardi (2022), Pengaruh pemasaran digital dan Tenaga kerja usaha terhadap pendapatan umkm di tengah pandemi covid-19. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, Volume 19 Issue 4 (2022) Pages 827-835 ISSN: 1907-3011 (Print) 2528-1127 (Online), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Alauddin, Makassar.
Arsyad Lincolin. 1999. Ekonomi Pembangunan. Yogyakarta: STIE YKPN
BN. Marbun, Kamus Manajemen, (Jakarta: Pustaka Sinar Harapan, 2003), h. 230
Chairia, Akuntansi Perbankan, (Bandung: Media Sains Indonesia: 2022), h. 132.
Deasy Mayasari, “Pengertian dan Perbedaan Media Cetak dan Elektronik serta Contohnya”, (diakses pada 24 April 2024).
Greene, W.H., Econometric Analysis, Fourth Edition, Prentic-Hall, Upper Saddle River, New Jersey, 2000.
Mankiw, Gregory. N., Teori Makroekonomi, Edisi Keempat, Erlangga, Jakarta, 2000.
Mukti Fajar, UMKM di Indonesia Perspektif Hukum Ekonomi (Yogyakarta: Pustaka Pelajar 2016), h. 112-113..
Pratama, Raharja dan Mandala Manurung, Teori Ekonomi Mikro Suatu Pengantar, Edisi Revisi, Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi UI, Jakarta, 2002.
Purdi E Chandra, Trik Menuju Sukses, (Yogyakarta: Grafika Indah: 2000), h. 121.
Robertus Filian Argin Dewanto (2022), Pengaruh Tenaga kerja, Tenaga Kerja, dan Pengaruh Media Sosial Instagram terhadap Pendapatan Usaha Sablon di Karesidenan Surakarta. Skripsi Ekonomi Pembangunan. Universitas Surakarta
Rulli Nasrullah, Teori dan Riset Media Siber (Cybermedia), (Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2014), h. 1.
Rulli Nasrullah, Media Sosial Perspektif Komunikasi, Budaya, dan Sosioteknologi, (Bandung: Simbiosa Rekatama Media, 2017), h. 11.
Siswoputranto, PS, Kopi Internasional dan Indonesia, Yogyakarta: Kanisius, 1993.
Spillane, J. James., Komoditi Kopi Peranannya Dalam Perekonomian Indonesia, Cetakan pertama, Yogyakarta: Kanisius, 1990.
Sukirno Sadono, Pengantar Teori Mikroekonomi, Edisi Kedua, Cetakan ke-15, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2001.
Wooldridge, J. M., Introductory Econometrics: A Modern Approach, South Western, 2000.
Zulia Rifda Daulay dan Abdul Gani, Kajian teoritis pendapatan pengrajin kain songket batu bara (Jawa Timur : Global Aksara Pers, 2022), h. 54.