STRATEGI UNTUK MENCIPTAKAN KEUNGGULAN BERSAING MELALUI PENGEMBANGAN, DESAIN, DAN KUALITAS PRODUK
KASUS PADA PENGRAJIN KAIN BATIK DI MAYANG KABUPATEN JEMBER
DOI:
https://doi.org/10.70079/ekobis.v1i2.62Keywords:
keunggulan bersaing, pengembangan, desain, kualitas produkAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisis tentang strategi menciptakan keunggulan kompetitif melalui pengembangan, desain, dan kualitas produk. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey, sedangkan teknik pengumpulan data ilakukan melalui kuesioner dan wawancara. Penelitian ini menggunakan analisis jalur. Hipotesis yang dirancang adalah pengembangan, desain, dan kualitas produk memiliki pengaruh untuk menciptakan keunggulan bersaing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan, desain, dan kualitas produk berpengaruh secara signifikan dalam menciptakan keunggulan kompetitif pada industri Pengrajin Kain Batik di Mayang Jember
References
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I,Edisi 12, Terjemahan : Bob Sabran,M.M, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller. 2009, Manajemen Pemasarn, Jilid 1, Edisi ke-12, Terjemahan : Bob Sabran,M.M, Jakarta : Erlangga
Kuncoro, Mudrajat, 2002, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Yogyakarta :
Universitas Banten Jaya Vol 3 No. 1Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit
Rangkuti, F. (2018). The Power of Brand: Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Citra. Jakarta: Penerbit
Gramedia Pustaka. Satryawati, Eka. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce.
Lule, Benny. (2019). Pengaruh Pengguna Antarmuka Dan Keamanan Situs Terhadap Kepuasan, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Situs Belanja Online Di Indonesia.
Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Pertama. Jakarta: SalembaEmpat. Manullang, M dan Pakpahan, M. (2019).
Metodologi Penelitian. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media. Nainggolan, Nora Pitri. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Great Seasons Tours And Travel Di Kota Batam. Nurdini, Shelly. (2019).
Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (survai pada salon Strawberry Jl. Sudirman No. 629 Bandung) The Influence of Customer Satisfaction and Trust on Customer Loyalty (survey at Strawberry salon Jl. Sudirman No. 629 Bandung). Oemi. (2020).
Measuring Customer Satisfaction; Survey Design, Use and Statistical Analysis Methods.USA: ASQ Quality Press, Wisconsin. Rangkuti, F. (2018). The Power of Brand: Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Citra. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.
Ladhari, R. (2010). Developing e-service quality
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2008, Prinsip-Prinsip Pemasaran, Jilid I,Edisi 12, Terjemahan : Bob Sabran,M.M, Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2002, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga
Kotler, Philip dan Keller. 2009, Manajemen Pemasarn, Jilid 1, Edisi ke-12, Terjemahan : Bob Sabran,M.M, Jakarta : Erlangga
Kuncoro, Mudrajat, 2002, Metode Riset Untuk Bisnis & Ekonomi, Yogyakarta :
Universitas Banten Jaya Vol 3 No. 1Ferdinand, A. (2011). Metode Penelitian Manajemen. Badan Penerbit
Rangkuti, F. (2018). The Power of Brand: Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Citra. Jakarta: Penerbit
Gramedia Pustaka. Satryawati, Eka. (2018). Pengaruh Kepercayaan Dan Kepuasan Terhadap Loyalitas Pelanggan E- Commerce.
Lule, Benny. (2019). Pengaruh Pengguna Antarmuka Dan Keamanan Situs Terhadap Kepuasan, Kepercayaan Dan Loyalitas Pelanggan Pada Situs Belanja Online Di Indonesia.
Lupiyoadi, R. (2019). Manajemen Pemasaran jasa. Edisi Pertama. Jakarta: SalembaEmpat. Manullang, M dan Pakpahan, M. (2019).
Metodologi Penelitian. Proses Penelitian Praktis. Bandung: Citapustaka Media. Nainggolan, Nora Pitri. (2018). Pengaruh Kepuasan, Kepercayaan Dan Kemudahan Terhadap Loyalitas Pelanggan PT Great Seasons Tours And Travel Di Kota Batam. Nurdini, Shelly. (2019).
Pengaruh Kepuasan dan Kepercayaan Pelanggan terhadap Loyalitas Pelanggan (survai pada salon Strawberry Jl. Sudirman No. 629 Bandung) The Influence of Customer Satisfaction and Trust on Customer Loyalty (survey at Strawberry salon Jl. Sudirman No. 629 Bandung). Oemi. (2020).
Measuring Customer Satisfaction; Survey Design, Use and Statistical Analysis Methods.USA: ASQ Quality Press, Wisconsin. Rangkuti, F. (2018). The Power of Brand: Tehnik Mengelola Brand Equity dan Strategi Pengembangan Citra. Jakarta: Penerbit Gramedia Pustaka.
Ladhari, R. (2010). Developing e-service quality