ANALISIS PENGARUH VARIASI MENU, PERSEPSI HARGA DAN ATMOSPHERE CAFE TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG
STUDI KASUS BREW BROTHER COFFEE KECAMATAN TARUTUNG KABUPATEN TAPANULI UTARA
DOI:
https://doi.org/10.70079/ekobis.v1i2.64Keywords:
Variasi menu, harga, atmosphere cafe, kepuasan pengunjung di Brew Brother Coffee TarutungAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh variasi menu, persepsi harga dan atmosphere cafee terhadap kepuasan pelanggan (studi kasus brew brother coffee kecamatan Tarutung kabupaten Tapanuli Utara. Dengan menggunakan data primer dan sampel sejumlah 97 responden. Penelitian ini menggunakan metode analisis geresi linier berganda dan uji asumsi klasik serta uji statistik. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa Variasi menu, harga, dan atmosphere cafe berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Brew Brother Coffee Tarutung baik secara parsial maupun simultan. atmosphere cafe merupakan variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap kepuasan pengunjung di Brew Brother Coffee Tarutung
References
Ali, Muhammad Wahyu.2013. “Pengaruh Keragaman Menu, Kualitas Produk, Citra Merek, Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian”. Journal Of Social And Politic Tahun 2013, Hal. 1-9
Budiyanto dan Yunus. (2014). "Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pelanggan". Skripsi. Surabaya: STIESIA.
Charles W, Lamb dan Joseph F, Hair, Carl, Mcdaniel. 2005. Manajemen Pemasaran. Edisi Pertama. Jakarta. Salemba Empat
Diana Dkk. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Merchandise, Atmosphere Terhadap Kepuasan pengunjung Dan Trust. Jurnal Admistrasi Bisnis, Vol. 10, No.2.
Desy Purwanti dan Martinus Febrian Adiwinata, 2010. “Pengaruh Produk, Harga, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian Di Cafe Kopitiam Oey Surabaya”. Jurnal Hospitaly dan Manajemen Jasa, Vol 1, No.2
Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertaa. BPFE , Yogyakarta
Griffin, Jill. 2003. (ter. Dwi Kartini Yahya). Customer loyalty: Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetian Pelanggan. Jakarta: Erlangga.
Harman Malau. 2017. Manajemen Pemasaran. Bandung: Alfabeta.
Heryani, Yukhebeth Yulita. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Store Atmosphere Terhadap Pembelian yang Dimediasi Kepuasan pengunjung (Studi pada Konsumen Bengkel Andoyo Motor Yogyakarta). Skripsi Manajemen. Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta
Irawan, Handi, 2008. ”Membedah strategi Kepuasan pelanggan”. Cetakan pertama: PT.Gramedia: Jakarta
Kotler dan Keller. 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi 12, Jilid 1, PT. Indeks, Jakarta
Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran: Analisa perencanaan, Implementasi dan Kontrol. Jakarta: Selemba Empat.
Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Erlangga.
Laksana, Fajar. 2008. Manajemen Pemasaran. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Lamp. 2001. Dalam Winarto, Budi dkk. (2009)."Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Harga, Faktor Emosional dan Lokasi Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Konsumen Di Hotel Bintang 4 di Bekasi". Skripsi. Jurusan Administrasi Bisnis. Bekasi: Universitas President.
Nazir, Mohammad. 2011. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.
Musanto, Trisno. 2004. Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan dan Loyalitas Pelanggan: Studi Kasus pada CV. Sarana Media Advertising Surabaya.
Putri, Lily Harlina, Srikandi Kumadji, dan Andriani Kusumawati. 2014.“Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Dan Kepuasan Pelanggan” e-Journal Universitas Brawijaya Jurusan Administrasi Bisnis,Vol. 15. Diakses 1 Mei 2016.
Putri Farrah. 2013. Analisis Pengaruh Suasana Toko, Kualitas Produk dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan. Universitas Diponegoro : Semarang.
Rangkuti, Freddy. 2006. Measuring Custumer Satisfaction, (Teknik Mengukur dan Strategi Meningkatkan Kepuasan Pelanggan). Jakarta : Gramedia Pustaka Utama
Reddy Radiyanto. 2015. “Pengaruh Store Atmosphere Dan Keragaman Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Hayo Cafe Magelang, Jurnal Ekonomi dan Komunikasi”. Vol 3. No. 1.
Sutojo, Siswanto. 2004. “Membangun Citra Perusahaan”. Jakarta: PT Damar Mulia Pustaka.
Yamit, Zulian. 2001. Manajemen Kualitas Produk & Jasa. Yogyakarta : Ekonisia