Analisis Kepuasan Pengguna Website Manajemen Informatika Dengan Metode Eucs Berbasis Cms

Authors

  • Ilmiyah Universitas Moch. Sroedji Jember

DOI:

https://doi.org/10.70079/srodja.v2i2.108

Keywords:

CMS, EUCS, Manajemen, Informatika

Abstract

Penelitian ini mengulas tentang Analisis Kepuasan Pengguna Website dengan metode EUCS Information Management Framework berbasis CMS (Content Management System). Studi Kasus dalam uji coba adalah progdi manajemen informatika di AUB Surakarta. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar nilai harapan dan nilai kenyataan yang diperoleh (kepuasan) mahasiswa atau mahasiswi terhadap fasilitas/fitur-fitur yang ada pada website manajemen informatika. Nilai estimasi dari hasil analisis ini akan digunakan sebagai pedoman program studi dalam melakukan evaluasi dan pengembangan mutu pendidikan. mengevaluasi dan mengembangkan kualitas pendidikan di D3 Manajemen Informatika STIE Adi Bhirawa Surakarta agar menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam kualitas pendidikan dan pengajaran. Dalam studi kasus ini, instrumen penelitian yang akan digunakan adalah End User Computing Satisfaction (EUCS) yang berarti kepuasan pengguna yang menggunakan perangkat lunak. Dalam metode analisis kepuasan dengan pendekatan EUCS, variabel yang digunakan untuk mengukur kepuasan ada 5 dimensi yang akan diteliti. Dalam kepuasan terdapat 5 dimensi yang akan diteliti untuk mengukur kepuasan, yaitu: Isi, Format, Keakuratan, Kemudahan Penggunaan, Menghemat waktu. Instrumen pengujian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan metode SEM, dan analisis data juga menggunakan SEM. Data yang digunakan untuk menganalisa kepuasan pengguna adalah data mahasiswa yang masih aktif, akan lulus dan yang sudah alumni. Hasil analisis dari variabel-variabel tersebut untuk menghitung seberapa tinggi kepuasan mahasiswa dan mahasiswi terhadap fitur-fitur website manajemen informasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abbas, W. 2013. Analisa Kepuasan Mahasiswa Terhadap Website Universitas Negeri Yogyakarta. Vol. 1, No. 1.

Doll, W.J., dan Torkzadeh, G. 1998. “The Measurement ofEndUserComputing Satisfaction”, Management Information System Quarterly 12 (2) , June 1998.

Ferdinand, A. 2002. Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen. Edisi 2, Seri Pustaka Kunci 03/BP. Semarang: UNDIP.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariete dengan Program SPSS. Semarang: Badan Penerbit Diponegoro.

Joreskog, K.G., & Sorbom, D. (1993). LISREL 8 user’s reference guide. Chicago : Scientific Software International.

Kotler, Philip, 1997. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Prenhallindo.

Mardalis. 2008. Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. J Norman, D.A. and Draper, S.W. (1986), “Cognitive engineering”, in Norman, D.A. and Draper, S.W. (Eds), User‐Centered‐System Design: New Perspective on Human‐Computer‐ Interaction, Lawrence Erlbaum Associates Publishers, Hillsdale, NJ.[14] Preece, J.,

Rogers, Y, dan Sharp, H. (2002). Interaction design: Beyond human‐computer interaction, New York, NY: John Wiley & Sons, Inc. Jakarta: Bumi Aksara.

Rangkuti, F. 2003. Measuring Costumer Satisfaction, teknik mengukur dan strategi meningkatkan kepuasan pelanggan plus analisis kasus PLN-JP. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Shneiderman,B.,& Plaisant,C.2004. Designing the User Interface:Strategies for Effective Human ‐ Computer Interaction. Boston:Addison Wesley.

Wahyudi, A. 2014. Kualitas Pelayanan Aparatur Perusahaan Daerah Air MinumKota Surakarta. Diakses dari http://ariswahyoedhie.blogspot.com/ 15 maret 2014.

Yuhefizar, Mooduto,HA., Hidayat,Rahmat.T. 2006. “Cara Mudah Membangun Website Interaktif menggunakan Content Management System”, Jakarta. Penerbit PT Elex Media Komputindo.

Susanto, Yusuf. 2015, e-journal.stie-aub.ac.id/index.php/informatika/article/view/157.

Published

2025-07-09

Issue

Section

Articles