Pengaruh Persepsi Manfaat, Kepercayaan Dan Kemudahan Penggunaan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Di Bri Kcp Universitas Jember
DOI:
https://doi.org/10.70079/srodja.v2i2.115Keywords:
Mobile banking, minat nasabah, Persepsi Manfaat, Persepsi Kepercayaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, Technology Acceptance ModelAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menginvestigasi pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kepercayaan, dan Persepsi Kemudahan Penggunaan terhadap minat nasabah menggunakan layanan mobile banking di Bank Rakyat Indonesia KCP Universitas Jember. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada nasabah bank yang menggunakan layanan mobile banking. Analisis data menggunakan regresi linier berganda dan uji t untuk mengevaluasi pengaruh variabel-variabel independen terhadap variabel dependen. Hasil uji menunjukkan bahwa Persepsi Manfaat dan Persepsi Kepercayaan memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap minat nasabah menggunakan mobile banking, sesuai dengan prediksi TAM. Namun, Persepsi Kemudahan Penggunaan tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan dalam konteks sampel ini. Selain itu, uji simultan (uji F) menegaskan bahwa secara keseluruhan, variabel-variabel independen secara bersama-sama memberikan kontribusi yang signifikan terhadap variabilitas minat nasabah. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya bank untuk memperkuat persepsi manfaat dan kepercayaan nasabah terhadap layanan mobile banking melalui strategi pemasaran yang tepat dan peningkatan keamanan sistem. Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi minat nasabah, bank dapat meningkatkan adopsi teknologi perbankan digital dengan efektif.
Downloads
References
Al Arif, M., & Rianto, N. (2010). Efektivitas biaya promosi dan biaya diklat terhadap penghimpunan dana pihak ketiga di Bank Syariah. Jurnal Ekonomi Bisnis Universitas Gunadarma, 15(3).
Davis, C. (1989). Priority and the shortage model: the medical system in the socialist economy. In Models oF disequilibrium and shortage in centrally planned economies (pp. 427-459). Dordrecht: Springer Netherlands.
Ernawati, N., & Noersanti, L. (2020). Pengaruh Persepsi Manfaat, Kemudahan Penggunaan dan Kepercayaan Terhadap Minat Penggunaan Pada Aplikasi OVO. Jurnal Manajemen STEI, 3(02), 27-37.
Ghozali. Imam. 2009. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Badan Penerbit Universitas Diponegoro. Semarang.
Ghozali, Imam. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Jogiyanto, H. (2017). Teori PortoFolio dan Analisis Investasi.Yogyakarta: BPFE- YOGYAKARTA.
Jogiyanto. (2007). Sistem InFormasi Keperilakuan. Yogyakarta: Andi
Jony, W. (2010). Internet Marketing For Beginners. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Kotler dan Amstrong, 2017. Marketing Managemet. Edisi 16 Global Edition.
Pearson.
Melanie, M., & Taufiq, M. (2020). Faktor–Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Nasabah Dalam Menggunakan Internet Banking Di Surabaya. Dinamika Administrasi: Jurnal Ilmu Administrasi dan Manajemen, 3(1).
Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat, Persepsi Kemudahan, Dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis, 8(1), 1-9.
Muri Yusuf, A. (2017). Metode penelitian: kuantitatiF, kualitatiF, dan penelitian gabungan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 dwi ratnasari, Supranoto Supranoto, Edi Wahyudi, Panca Oktawirani, Wheny Kristianto

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.