Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo
servis Quality
DOI:
https://doi.org/10.70079/srodja.v2i2.124Keywords:
Kualitas Pelayanan, Kantor Kecamatan, Arjasa, Kabupaten SitubondoAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo. Adapun tugas dari Kecamatan yaitu melayani dalam pembuatan kartu tanda pemduduk (KTP), akta kelahiran, surat nikah, sertifikat tanah,izin mendirikan pembangunan, (IMB), keterangan pindah, pertanahan, izin tebang kayu rakyat, surat keterangan catatan Kepolisian (SKCK), ijin keramaian, legalisasi, surat-surat, dan program keluarga harapan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan secara gabungan yaitu dengan cara observasi, wawancara, dan studi Kepustakaan. Analisis data bersifat induktif/kualitatif, dengan model interaktif yang dicetuskan oleh Miles, Huberman, dan Sugiyono (2012:246). Hasil penelitian lebih menekankan pada makna generalisasi yang menunjukkan bahwa, kualitas pelayanan publik di Kantor Kecamatan Arjasa Kabupaten Situbondo dilihat dari indikator pengukuran kualitas pelayanan meliputi keandalan (reliability) dengan pelayanan yang tepat dan benar, kenampakan fisik dan bukti langsung (triangible) dengan SDM dan sumber daya lainnya yang memadahi, daya tanggap (responsiviness) dengan melayani secara cepat, jaminan (assurance) dengan etika moral dalam pelayanan, serta empati (empathy) dengan mengetahui keinginan dan kebutuhan pelanggan. Faktor yang mempengaruhi pelayanan,yaitu kesadaran aparat, faktor organisasi/lembaga, ketrampilan pegawai.
Downloads
References
Andi, Peraturan-Peraturan Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara No. 63 tahun 2003 tentang pedoman umum penyelenggaraan pelayanan publik
Atep Adya Barata. 2003. Dasar – Dasar Pelayanan Prima.Jakarta :
Arikunto, Suharsimi, Dr. Prof, 2003. Manajemen Penelitian. Rinaka Cipta.Jakarta, Boediono, Drs. Msi, 2003. Pelayanan Prima Perpajakan.
Rinaka Cipta, Jakarta, Harif, Nurcholis, 2007. Pemerintah Dan Otonomi Daerah. Jakarta Garsido,
Husein, Umar, 2994. Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta,
Internet: (http://www.merdeka.com/peristiwa/laporan-pengaduan-pelayanan-publik- ke-ombudsmanmeningkat-350.html).
jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/2 Ags 05123150. Pdf Pengembangan Model Citizter Dalam Meningkatkan pelayanan Publik di Indonesia Prof. DR HR Riyadi Soeprapto, MS(Dosen UniversitasBrawijaya Malang).
Kasmir. 2006. Manajemen Perbankan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 63 tahun 2004 TentangPedoman Umum Penyusunan Indeks Kepuasan Masyarakat Unit Pelayanan Instansi Pemerintah.
Lembaga Administrasi Negara.2004.System Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI); Dalam landasan dan pedoman pokok penyelenggaraandan pengembangan system administrasi Negara.
Moenir H.A.S. 2002. Manajemen Kantor. Jakarta :
Moenir, 2003.Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta, Bumi Aksara, Poltak, Lijan, 2007. Reformasi Pelayanan Publik.Alfabeta, Makasar,
Peraturan Bupati Kulon Progo Nomor 64 Tahun 2012 Tentang Standar Pelayanan Publik Pada Kecamatan.
Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi BirokrasiRepublik Indonesia Nomor 15 Tahun 2004 tentang Komponen Standar Pelayanan.
Ratminto & Atik Septi Winarsih. 2007. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta : PustakaPelajar.
Sianipar J.P.G, 1999.Manajemen Pelayanan Masyarakat.Jakarta, LAN-RI, Soeratno, R, 1997. Pengelolaan Usaha,Kanisius.Yogyakarta,
Sudarmayanti, 2004. Good Govermence (kepemerintahan yang baik).Bandung Mandar Maju,
Sugiyono, 2003. Metode Penelitian Administrasi.Alfabeta, Bandung,
Sutopo,dkk. 2003. Pelayanan Prima.Jakarta, LAN.
Syafi’i, Inu Kencana, 2003. Sistem Administrasi Negara.Bumi Aksara, Jakarta, Thoha, Miftah, 2003. Ilmu Administrasi Negara. Jakarta: Rajawali Press, Cet.
Ke VIII,
Tjiptono, Fandy,1995.Manajemen Jasa.Andi Offset.Yogyakarta, Undang-Undang No. 32 dan Tahun 2004.Tentang Otonomi Daerah, Wasistiono, 2003. Pelayanan Umum.Jakarta, Bumi Aksara,
Yudhistira Hardiyansyah. 2011. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta : Gaya Media
Yudhistira. 2006. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia.Jakarta : BumiAksara. Tjiptono, Fandy. 2000. Manajemen Jasa. Yogyakarta :
Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Hasan Muchtar Fauzi Hasan

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.