Implementasi Manajemen Pelayanan Prima Di Sekolah Menengah Atas Negeri (SMAN) Pakusari

Authors

  • Intan Aprilyani Universitas Moch. Sroedji Jember
  • Laili Fitriani Universitas Moch. Sroedji Jember
  • Sri Wahyuni Universitas Moch. Sroedji Jember

DOI:

https://doi.org/10.70079/srodja.v1i2.31

Keywords:

Implementasi, Managemen, Pelayanan Prima, Sekolah

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui standar operasional prosedur (SOP) pelayanan prima. Selain itu, untuk mengetahui pelaksanaan pelayanan prima dan untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelayanan prima di SMAN Pakusari. Metode penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian adalah Kepala Sekolah, Kepala Tata Usaha dan Pegawai Tata Usaha. Hasil Penelitian yaitu: (1) pihak sekolah menggunakan Standar Operasional Prosedur (SOP) pelayanan sebagai rujukan dan meminimalisir kesalahan dalam mengambil keputusan; (2) dalam pelaksanaan memberikan pelayanan yang religius dan kekeluargaan kepada guru, siswa dan para stakeholder yang ada di internal sekolah. Pihak sekolah juga memberikan reward and punishment kepada pegawai untuk menciptakan iklim organisasi yang bergairah. Para pegawai memberikan sikap sepenuh hati dan loyalitas yang tinggi dalam melayani pelanggan; (3) faktor pendukung pelayanan prima di sekolah yaitu terpenuhinya kelengkapan sarana dan prasarana, memiliki pegawai tata usaha yang cukup dan faktor penghambat pelayanan prima di sekolah ini yaitu kurangnya pelatihan atau pendidikan karir terhadap pegawai.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barata, Atep Adya. (2003). Dasar-Dasar Pelayanan Prima. Jakarta: PT. Alex Media

Komputindo.

Benty, Gunawan. (2017). Manajemen Pendidikan Suatu Pengantar Praktik. Bandung:

Afabeta.

Hakim, Lukman. (2018). Mukhtar, Dasar-dasar Manajemen Pendidikan. Jambi: Timur Laut

Aksara.

Herdiansyah, Haris. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu- Ilmu Sosial. Jakarta

Salemba Humanika.

Moloeng, Lexy J. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif: Edisi Revisi. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Rahman, dkk. (2019). Manajemen Pelayanan Prima Dalam Meningkatkan Kepuasan

Mahasiswa Terhadap Layanan Pembelajaran Studi Kasus di STIT Rakeyan Santang

Karawang. Jurnal Ilmiah MEA. 3 (1), 234-242.

Rahmayanty, Nina. (2020). Manajemen Pelayanan Prima. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Siregar Awaluddinsyah. (2021) Implementasi Manajemen Pelayanan Prima di Sekolah

Mengah Atas Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Pekanbaru: UIN Suska Riau.

Subandi. 2011. Desktiftif Kualitatif Sebagai Satu Metode Dalam Penelitian Pertunjukan.

Suparmam, dkk. (2019). Sevice Excellence. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Wildan, Bambang. (2018). Manajemen dan Etika Perkantoran. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Ghofar Abdul. (2016) Manajemen Dalam Islam. Jakarta: Islamic Academia

Zulkarnain, W. & Sumarsono, R. B. 2014. Manajemen Kantor Sekolah: Konsep dan Strategi

Implementasi Bagi Tenaga Administrasi Sekolah. Malang: Kementerian Pendidikan

dan Kebudayaan UM FIP.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles