Penerapan Proses Pembelajaran Pada TK Ganesha Selama Setahun Terakhir Dilihat Dari Perspektif Pedagogi Kritis

Authors

  • Mila Rosa Universitas Moch. Sroedji Jember
  • Widyadhari Rizky Ariani Universitas Moch. Sroedji Jember

DOI:

https://doi.org/10.70079/srodja.v1i2.33

Keywords:

proses pembelajaran, taman kanak-kanak, pedagogi kritis

Abstract

Banyaknya faktor-faktor eksternal yang dapat menggangu kegiatan proses pembelajaran dapat berakibat pada tidak optimalnya kegiatan pendidikan. Melalui pembelajaran pedagogi kritis sebagai sebuah gagasan dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis Penerapan Proses Pembelajaran Pada TK GANESHA Selama Setahun Terakhir Dilihat Dari Perspektif Pedagogi Kritis. Menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan studi kasus jenis penelitiannya. Subjek penelitian yaitu seluruh guru TK Ganesha Jember yang berjumlah 4 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti adalah metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa TK Ganesha tergolong sebagai sekolah yang menyelenggarakan proses pembelajaran proyek kolaborasi Leadership, Al-Qur’an, Science Innovation and Character (PROLASIC) yang memiliki kesesuaian proses pembelajaran dari perspektif pedagogi kritis. Setiap peserta didik dapat memilih apa yang akan dipelajari dan bagaimana cara peserta didik belajar.

  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Achmad, F. (2015). Critical Pedagogy (Refleksi Kritis Humanisasi Pendidikan). Perbincangan Di Ruang Publik. IAIN Pontianak Press. p, 1-21.

Adila, V. N. (2022). Konsep Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Pendekatan Humanistik Perspektif Paulo Freire. Jurnal Shaut Al-Arabiyah, 10(1), 69-76.

Aini, L. N. (2020). Pedagogi kritis dalam pembelajaran PPKn SMA Negeri se Kabupaten Sleman dari perpektif pemehaman guru. Jurnal Pendidikan Kewaraganegaraan Dan Hukum, 9(1).

Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar Dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara Dan Relevansinya Bagi Pengembanagan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95-101.

Arifin, Z. (2009). Evaluasi pembelajaran (Vol. 118). PT Remaja Rosdakarya.

Artika, I. w. (2020). Pedagogis Kritis Mendikbud. Retrieved from Balipos.

Bagir, H. (2019). Memulihkan Sekolah Memulihkan Manusia. Noura Books.

Bakhshi, P., Babulal, G. M., & Trani, J.-F. (2017). Education of children with disabilities in New Delhi: When does exclusion occur? PloS One, 12(9).

Budijanto, O. W., & Rahmanto, T. Y. (2021). Pencegahan Paham Radikalisme Melalui Optimalisasi Pendidikan Hak Asasi Manusia di Indonesia. Jurnal HAM, 12(1), 57.

Burbules, N. C. (2002). The limits of dialogue as a critical pedagogy. In Revolutionary pedagogies (pp. 273-295). Routledge.

Cahyani, F. F. (2016). Wajah Pendidikan Tinggi Indonesia Di Era Otonom. Paradigma, 4(3).

Datungsolang, R. (2018). Konsep Pendidikan Pembebasan dalam Perspektif Islam (Studi Pemikiran Paulo Freire). Jurnal Ilmiah AL Jauhari: Jurnal Studi Islam Dan Interdisipliner, 3(1), 49-77.

Elis Ratna Wulan, E., & Rusdiana, A. (2015). Evaluasi pembelajaran. Pustaka Setia.

Fadhila Ramadhani, R. D. (2020). Pedagogik Kritis Pada Guru Di Sekolah Dasar. Esa Unggul Prosiding, Seminar nasional Ilmu Pendidikan dan Multi Disiplin (pp. 239-251). Jakarta: fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Esa Unggul.

Fitramadhana, R. (2022). Pemikiran Pedagogi Kritis Henry Giroux. Jurnal Pemikiran Sosiologi, 9(1).

Freire, P. (1970). Pedagogy of the Oppressed. New York: Continuum.

Gasong, D. (2018). Belajar dan pembelajaran. Deepublish.

Giroux, H. (2020). Critical pedagogy. Springer.

.

Giroux, H. A. (1988). Teachers as Intellectuals: Toward a Critical Pedagogy of Learning. Westport, CT: Bergin & Garvey.

Gunawan, I. I. (2017). The Application of Instructional Management Based Lesson Study and its Impact with Student Learning Achievement. 2nd International Conference on Educational Management and Administration (CoEMA 2017), 4-12.

Hapudin, H. M. S. (2021). Teori belajar dan pembelajaran: menciptakan pembelajaran yang kreatif dan efektif. Prenada Media.

Hendrawan, B., Anggia Suci Pratiwi, & Siti Komariah. (2017). Kajian Aplikatif Penanaman Nilai-Nilai Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Di Sekolah Dasar Berdasarkan Perspektif Pedagogik Kritis. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1.

Hermawati, U., & Purnama, A. (2021). Mengembangkan Potensi Sumber Daya Manusia Melalui Pendidikan, Agama, dan Sosial Di Desa Palasari Girang dalam Masa Pandemi Covid-19. Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandng, 1(86), 1-9.

hooks, b. (1994). Teaching to Transgress: Education as the Practice of Freedom. New York: Routledge.

Iko, F. A. (2021). Ki Hajar Dewantara sebagai Pioneer Pedagogik Kritis Indonesia. Retrieved from UNJKita.com: indonesia.

Kanpol, B. (1999). Critical pedagogy: An introduction. Greenwood publishing group.

Lestari, N. (2020). Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi Covid-19. Covid-19: Perspektif Pendidikan.

McLaren, P. (2003). Critical Pedagogy: A Look at the Major Concepts. In A. Darder, M. Baltodano, & R. D. Torres (Eds.), The Critical Pedagogy Reader (pp. 69-96). New York: Routledge.

Mirabella, R. M., & Nguyen, K. (2019). Educating nonprofit students as agents of social transformation: Critical public administration as a way forward. Administrative Theory & Praksis, 41(4), 388-404.

Muhammadiah, M., Hamid, S., & Kodir, A. (2020). Berkenalan dengan Filsafat Pendidikan. Azkiya Penerbitan.

Nuzulaeni, I., & Susanto, R. (2022). Dampak Kompetensi Pedagogik terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas V SD. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 5(1).

Oemar, H. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara.

Pernantah, P. S. (2020). Pembelajaran Sejar `ah Dalam Perspektif Pedagogi Kritis. Jurnal Pendidikan.

Rahardhian, A. (2022). Kajian Kemampuan Berpikir Kritis (Critical Thinking Skill) Dari Sudut Pandang Filsafat. Jurnal Filsafat Indonesia, 5(2).

Rahman, A., Naldi, W., & Arifin, A. (2021). Analisis UU Sistem Pendidikan Nasional Nomor 20 Tahun 2003 dan Implikasinya terhadap Pelaksanaan Pendidikan di Indonesia. JOEAI (Journal of Education and Instruction), 4(1). 98-107.

Robandi, B., Rusman, R., Setiasih, O., & Setiawardani, W. (2022). Pedagogik Kritis Berbasis Digital Learning dan Big Data untuk Meningkatkan Literasi Digital Pendidik Kabupaten Indramayu. Abdimas SIliwangi, 05(01).

Rohman, M., & Mukhibat, M. (2017). Internalisasi Nilai-Nilai Sosio-Kultural Berbasis Etno-Religi Di MAN Yogyakarta III. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(1), 31-56.

Rusman. (2011). Seri Manajemen Sekolah Bermutu: Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta Utara: PT Raja Grafindo Persada.

Shor, I. (1993). Pedagogi kritis Paulo Freire. Paulo Freire: Pertemuan Kritis, 23.

Simon, H. A. (1986). Rasionalitas dalam psikologi dan ekonomi. Jurnal Bisnis, S209-S224.

Sitepu, E. (2016). Peranan Partai Politik dalam Memberikan Pendidikan Politik Yang Berkarakter Terhadap Masyarakat. Jurnal Ilmiah Research Sains, 2(1).

Sofiah, R., Suhartono, S., & Hidayah, R. (2020). Analisis Karakteristik Teknologi Sains Komunitas (Stm) Sebagai Model Pembelajaran: Studi Literatur. Pedagogi: Jurnal Penelitian Pendidikan, 7(1).

Suardi, M. (2018). Belajar & pembelajaran. Deepublish.

Sudarsana, I. K. (2016). Pemikiran tokoh pendidikan dalam buku lifelong learning: kebijakan, practices, and programs (Perspektif Peningkatan Mutu Pendidikan di Indonesia). Jurnal Penjaminan Mutu, 2(2), 44-53.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Alfabeta.

Suharto, T. (2013). Pendidikan Berbasis Masyarakat Organik.

Sutrisman, D. (2019). Pendidikan Politik, Persepsi, Kepemimpinan, dan Mahasiswa. Guepedia.

Tanzeh, A., & Arikunto, S. (2014). Metode Penelitian Metode Penelitian. Metode Penelitian, 22-34.

Tapung, M. (2018). Narasi Bangsa yang Tercecer; Elaborasi Filosofis, Pedagogik Kritis, Sosial dan Politik.

Wattimena, R. A. (2018). Pedagogi Kritis Pemikiran Henry Giroux Tentang Pendidikan dan Relevansinya untuk Indonesia. Jurnal Filsafat, 28(2).

Wikanengsih, W., Nofiyanti, N., Ismayani, M., & Permana, I. (2015). Analisis Rencana

Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Mata Pelajaran Bahasa Indonesia (Studi terhadap RPP yang Disusun Guru Bahasa Indonesia Tingkat SMP di Kota Cimahi). Jurnal Ilmiah P2M STKIP Siliwangi, 2(1), 106-119.

Downloads

Published

2024-07-31

Issue

Section

Articles