Author Guidelines
Judul Artikel Setiap Huruf Awal Dikapitalisasi
(tidak lebih dari 14 kata)
Penulis1, Penulis2, dan Penulis3
Afiliasi/ Institusi Penulis
Email:
Info Artikel
Sejarah Artikel: Diterima .............................. Direvisi .............................. Disetujui .............................
Kata Kunci : 3-5 kata atau frasa, kata kunci dipisahkan dengan tanda koma, ditulis huruf kecil semua Keywords: 3-5 words or phrases, keywords separated by commas, written in all lowercase letters |
Abstrak: Abstrak harus singkat dan jelas, berisikan pokok masalah, tujuan penelitian, metode atau pendekatan, dan hasil pembahasan penelitian. Abstrak menyajikan temuan empiris, metode dan implikasi. Penelitian yang menggunakan pendekatan kuantitatif, perlu didukung oleh angka dan implikasi hasil penelitian. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia dengan jumlah antara 150-250 kata satu alinea. Ditulis dalam format satu kolom. Font yang digunakan Times New Roman 9 spasi tunggal. Abstract: The abstract contains the main problem, research objectives, methods or approaches, and the results of the research discussion. The abstract presents empirical findings, methods and implications. Research that uses a quantitative approach needs to be supported by numbers and implications of research results. Abstracts are written in English and Indonesian with between 150-250 words per paragraph. Written in one column format. The font used is Times New Roman 9 single spacing. |
PENDAHULUAN
Penulisan artikel maksimum dalam 10 halaman. Jumlah halaman artikel diusahakan genap (6, 8 atau 10 halaman). [Font Times New Roman, 10, normal, spasi tunggal].
Paragraf diketik dengan pengaturan justified. Antara judul bab, subbab dengan paragraf di bawahnya dan antar paragraf diberi jarak atau spacing 6 pt.
Urutan penulisan yang diharuskan yakni;
Pendahuluan berisi latar belakang; tujuan penelitian dan rencana pemecahan masalah. Adapun pemecahan masalah dikaitkan dengan kajian pustaka yang relevan dan pengembangan hipotesis dimasukkan dalam bagian ini sebagai dasar arah penyelesaian masalah tidak dimasukkan dalam subbab terpisah. Untuk meningkatkan kualitas artikel, penulis dianjurkan agar memanfaatkan hasil kajian pustaka untuk mendukung argumentasi, baik dalam pendahuluan (perlunya penelitian dilakukan) dan dalam pembahasan (dibandingkan dengan temuan-temuan penelitian sebelumnya/teori yang ada) dari jurnal yang relevan sebanyak 80% dengan jurnal yang bersifat mutakhir yakni 10 tahun terakhir. Adapun cek plagiassi menggunakan Turnitin tidak lebih dari 20%.
METODE PENELITIAN
Metode penelitian menjelaskan rancangan kegiatan, ruang lingkup atau objek, bahan dan alat utama, tempat, teknik pengumpulan data, definisi operasional variabel penelitian, dan teknik analisis.
Mengenai uraian metode penelitian yang digunakan secara ringkas. Apabila terdapat metode yang tidak umum digunakan, maka harus diuraikan secara rinci. Adapun prosedur yang digunakan dalam penelitian dapat digambarkan dalam bentuk diagram alir, gambar atau diagram lain yang menunjang.
Dalam penulisan gunakan gaya langsung dan singkat. Hindarkan kalimat-kalimat yang kompleks dan ambigu. Definisikan secara singkat semua istilah teknik yang mungkin belum umum untuk pembaca. Jelaskan singkatan yang digunakan pada awal kemunculan. Misal: Problem Based Learning (PBL).
Tabel
Tabel 1. Contoh tabel yang sesuai dengan kolom
Tampilan |
Text |
Font |
Isi tabel |
Times New Roman |
9 |
Tabel harus diterangkan dalam batang tubuh. Tabel dibuat dalam ukuran huruf yang lebih kecil daripada batang tubuh. Tabel hanya menggunakan border horizontal di tepi atas, bawah dan batas judul kolom, tanpa border vertikal (lihat Tabel 1). Judul tabel ada di atas tabel, menggunakan Times New Roman 10, hanging pada 1.5 cm.
Gambar
Gambar 1. Contoh gambar Randomized Pretest-Posttest Control Group Design
Gambar harus dijelaskan dalam paragraf. Tampilan gambar harus jelas, tulisan-tulisan harus terbaca. Gambar dapat diperbesar menjadi 2 kolom penuh dan diletakkan pada awal bagian atas atau bagian bawah suatu halaman. Gambar berupa foto berwarna harus cukup jelas dicetak dalam warna hitam putih/Grayscale.
Judul gambar ada di atas tabel, menggunakan Times New Roman 10, hanging pada 1.5 cm.
HASIL DAN PEMBAHASAN
Bagian ini menyajikan hasil penelitian. Hasil penelitian dapat dilengkapi dengan tabel, grafik (gambar), dan/atau bagan. Bagian pembahasan memaparkan hasil pengolahan data, menginterpretasikan penemuan secara logis, mengaitkan dengan sumber rujukan yang relevan. Usahakan untuk menampilkannya seringkas dan sekomprehensif mungkin.
Pembahasan harus terfokus pada hasil dan bagaimana hasil tersebut dapat menjawab masalah yang diangkat.
Tabel 2. Analisa implementasi perubahan pembelajaran luring pasca daring
No |
Bagian |
Huruf |
Font |
Keterangan |
1 |
Judul Tabel |
Times New Roman |
10 |
Huruf kapital diawal, Bold, center |
2 |
Isi Tabel |
Times New Roman |
9 |
Sentences case, spasi baris 1 |
Tuliskan daftar acuan/rujukan dengan tanda kurung (nama penulis, tahun). Berikan semua nama penulis; gunakan “et al.” Jika terdapat lebih dari tiga penulis.
Untuk makalah yang dipublikasikan pada jurnal terjemahan bahasa lain, pertama berikan kutipan bahasa Indonesianya, lalu menyusul bahasa penerbitannya.
Gunakan rujukan primer (Jurnal) baik nasional maupun internasional sebanyak 80% dari keseluruhan daftar rujukan yang digunakan.
SIMPULAN
Simpulkan apa yang telah dihasilkan dalam riset. Nyatakan dengan jelas apa kontribusi (unik) yang diberikan dalam bidang kajian ini. Simpulan dinyatakan dalam bentuk narasi.
DAFTAR PUSTAKA
Referensi yang digunakan minimal 15 referensi jurnal sebagai pustaka primer yang bersifat mutakhir (10 th terakhir). Penulisan daftar pustaka wajib menggunakan Mendeley dengan style Vancouver.
Jurnal:
Laugsch, R.C. 2000. Scientific Literacy: A Conceptual Overview. Science Education, 84 (10): 71-94.
Buku:
Jufri, W. 2013. Belajar dan Pembelajaran Sains. Bandung: Pustaka Reka Cipta
Prosiding:
Wasis. 2013. Merenungkan Kembali Hasil Pembelajaran Sains. Prosiding Seminar Nasional FMIPA Undiksha III Tahun 2013, 10-13.
Skripsi, Tesis, Disertasi:
Dewi, R. 2007. Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Kepedulian Siswa SMA pada Lingkungan Hidup (Tesis). Jakarta: Program Pascasarjana Universitas Indonesia.