Pola Pikir Bertumbuh Sebagai Aspek Pedagogik Dalam Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.70079/egjecg.v1i1.25Keywords:
growth mindset,, education, pedagogical aspect,Abstract
Penelitian ini dilaksanakan bertujuan untuk memberikan gambaran dan wawasan luas bagaimana pola pikir bertumbuh mempengaruhi cara pandang individu mencapai kesuksesan dalam pendidikan. Metode penelitian yang digunakan disini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi pustaka. Informasi yang didapatkan dalam penelitian ini yaitu beberapa buku dan sumber literatur lain yang bisa dipertanggung jawabkan kebenarannya. Metode yang digunakan dengan cara mengutamakan penghayatan berdasarkan fenomena yang terjadi di masyarakat serta interaksi dan tingkah laku manusia dalam suatu situasi menurut perspektif penulis sendiri dengan suguhan data yang bersifat deskriptif, sehingga objek yang diteliti di pahami secara mendalam oleh penulis. Hasil dari pembahasan memberikan kesimpulan bahwa Pola pikir bertumbuh sebagai faktor utama penentu siap tidaknya peserta didik dalam menerima setiap proses pembelajaran yang akan diterimanya. Disaat peserta didik mulai bisa membuka cara pandangnya, maka mereka akan dengan mudah menyerap segala macam informasi dengan baik dan menginterpretasikannya kedalam pola pikir yang selanjutnya akan digunakan sebagai patokannya dalam bertindak.
Abstract
This study is carried out to give a broad picture and insight into how a growing mindset affects the individual's view of success in education. The research methods used here use a qualitative approach using a library study method. Information obtained in the study are some books and other sources of literature that could be relied on for its truthfulness. Methods used by putting emphasis on the phenomena occurring in society and human interaction and behavior in a situation according to the writer's own perspective with a descriptive treat of data, thus making the subject thoroughly understood by the writer. The result of the discussion suggests that the mind-set grows as the key factor in whether learners are prepared to receive any learning process that they will receive. When learners begin to open up their vision, they can easily absorb all the information in good order and interpret it into the mindset that will then be used as its base of action.