Pengaruh Konseling Cognitive Behavioral Therapy (CBT) Terhadap Siswa di Lingkungan Sekolah Adiwiyata
DOI:
https://doi.org/10.70079/egjecg.v1i1.26Keywords:
Konseling CBT,, Siswa;,, Sekolah Adiwiyata.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konseling Cognitive Behaviour Therapy (CBT) terhadap lingkungan sekolah adiwiyata. Konseling sedniri merupakan sebuah kebutuhan pengolahan jiwa yang diberikan kepada orang yang membutuhkan melalui perantara profesional, salah satu terapi konseling yakni terapi kognitif CBT. CBT merupakan salah satu program konseling yang menitik beratkan pada restrukturisasi kognitif dan perilaku menyimpang. Terapi konseling CBT patut diterapkan di tengah lingkungan sekolah adiwiyata, hal ini dikarenakan minimnya kepedulian siswa terhadap lingkungan karena mindset yang diterapkan. Mereka beranggapan bahwa suatu hal yang tidak ada hubungan timbal balik atau sebuah keuntungan sangatlah enggan jika dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu terapi konseling CBT diharapkan mampu merestrukturisasi kognitif yang menyimpang serta kepercayaan yang dapat membawa perubahan emosi dan perilaku yang lebih baik lagi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan metode studi pustaka (library research). Hasil penelitian memuat tentang penerapan konseling CBT bagi siswa di lingkungan sekolah adiwiyata serta pengaruh lingkungan adiwiyata terhadap efektivitas CBT.