Guru Bimbingan dan Konseling dalam Menghadapi 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan

Authors

  • Faradillah Nur Wulandari UIN KH. Achmad Siddiq Jember
  • Nur Nafisa Salsabila Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember

DOI:

https://doi.org/10.70079/egjecg.v1i2.57

Keywords:

Teacher, education, guidance and counseling

Abstract

Abstrak:

Permasalahan-permasalahan yang ada di dunia pendidikan baru-baru ini disebut sebagai tiga dosa besar dalam pendidikan. Perundungan atau bullying, kekerasan seksual, dan intoleransi inilah yang menjadi permasalahan dan disebut oleh Nadiem Makariem sebagai tiga dosa besar dalam dunia pendidikan. Permasalahan ini menjadi tanggung jawab sektor pendidikan dalam meluruskan jalannya pendidikan. Dan sangat dibutuhkan peranan guru bimbingan dan konseling dalam membenahi karakter peserta didik sehingga terbentuk anak-anak terpelajar yang memiliki karakter mulia. Dengan pendekatan literature review dengan studi Pustaka sebagai acuan penelitian. Dengan demikian peneliti mampu menjabarkan peranan guru bimbingan dan konseling terhadap tiga dosa besar pendidikan yang kerap terjadi di lingkungan sekolah. Sehingga hasil penelitian mengungkap bahwa kurikulum sekolah dapat di revisi, guru masih membutuhkan pelatihan, serta peserta didik membutuhkan program pendekatan seperti talk show dan lainnya. Penelitian ini berkontribusi terhadap sektor pendidikan dalam peningkatan kompetensi pesera didik baik dalam bidang akademik maupun non akademik terutama dalam membentuk karakteristik peserta didik.

Abstract:

The problems that exist in the world of education have recently been referred to as the three big sins in education. Bullying, sexual violence and intolerance are the problems that Nadiem Makariem calls the three major sins in the world of education. This problem is the responsibility of the education sector in straightening out the course of education. And the role of guidance and counseling teachers is really needed in improving the character of students so that educated children who have noble character are formed. With a literature review approach with library studies as a research reference. In this way, researchers are able to explain the role of guidance and counseling teachers regarding the three major educational sins that often occur in the school environment. So the research results reveal that the school curriculum can be revised, teachers still need training, and students need program approaches such as talk shows and others. This research contributes to the education sector in increasing student competence in both academic and non-academic fields, especially in shaping student characteristics.

Downloads

Published

2024-12-27