Konseling Mindfulness Based Cognitive Therapy (MBCT) Terhadap Tingkat Stress Guru PAUD

Authors

  • Dina Neely H KB. Taam Al Fathimiyyah
  • Anis Nurlaili TK Miftahul Ulum

Keywords:

Mindfulness, Stress, Early Childhood Teacher

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dampak dari Konseling Mindfulness-Based Cognitive Therapy (MBCT) terhadap tingkat stres yang dialami oleh pendidik anak usia dini (PAUD). Guru PAUD sering menghadapi beban kerja yang berat, termasuk tanggung jawab administratif, pengelolaan perilaku siswa, dan tuntutan lingkungan, yang dapat menyebabkan stres berkepanjangan. Stres yang tidak diatasi dapat menurunkan kualitas pengajaran dan kesejahteraan emosional guru. Pendekatan MBCT, yang menggabungkan teknik-teknik mindfulness seperti body scan, mindfulness-breathing meditation, dan mindful eating, diharapkan dapat mengurangi stres guru dan meningkatkan kesejahteraan mereka. Penelitian ini dilakukan dengan cara kualitatif deskriptif dan menggunakan pendekatan studi pustaka Subjek penelitian terdiri dari tiga guru PAUD yang menjalani terapi mindfulness selama dua minggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terapi MBCT dapat meningkatkan emosi positif, kemampuan untuk mengendalikan pikiran negatif, dan ketenangan guru PAUD dalam menghadapi stres. Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa teknik mindfulness yang diterapkan melalui MBCT dapat secara efektif mengurangi stres guru PAUD dan meningkatkan kesejahteraan fisik dan emosional serta kualitas pengajaran mereka.

Downloads

Published

2025-06-28

Issue

Section

Articles